Pages Menu
logo keuskupan
Jl. Bengawan No 3 Surabaya. Catholic Center I Telp : 031 5678419 ext. 17 I Email : Komkep_Surabaya@yahoo.com
Persekutuan Murid-Murid Kristus Yang Dewasa Dalam Iman, Guyub, Penuh Pelayanan dan Misioner
Categories Menu

Posted by on Apr 8, 2015 in Berita Terkini, Diskusi Jumatan | 0 comments

Gone Girl – Notulen Diskusi Jumatan Bengawan 27 Maret 2015

gone girl

NOTULENSI JUMATAN BENGAWAN

Jumat, 27 Maret 2015

“INTEGRITAS ORANG MUDA”

 

A. Moderator : Kak Chris

    Film             : Gone Girl

 

B. Notulensi Proses Diskusi:

 

  1. 1.     Adegan apa saja yang berkesan dalam film?
    1. Adegan saat Amy berpura-pura dengan mantan pacar (Desi), kok bisa masih sempat untuk mencari korban yang lain supaya bisa kembali ke suaminya lagi. Entah itu memang sudah direncakan atau karena terpengaruh saatmelihat Nick di tv.
    2. Amy adalah perancang skenario yang sangat jenius. Bahkan di plot awal dia mengira bahwa Nick akan mengikuti alurnya, bukannya malah menyesal dengan perbuatannya.
    3. Amy dari kecil sudah terkenal, menulis buku pula, sehingga hidupnya perfect. Dia ingin semua hal dalam hidupnyaperfect. Tetapi karena sudah terpojok, ia terpaksa membuat semua kebohongan tersebut. Dia ingin semua perhatian menuju pada dirinya. Sindrom kesempurnaan membuat dia menjadi psikopat. Sebenarnya dia hanya ingin orang yang bersikap tidak baik ke dia berubah menjadi baik. Amy hanya ingin memberikan pelajaran saja. Dia sebenarnya membutuhkan perhatian.
    4. Adegan ketika banyak orang ikut terlibat dalam aksi pencarian Amy, apakah mereka hanya ingin bertemu Amy, atau mencari akar masalah dari hilangnya Amy. Dari sini bisa terlihat betapa gampang opini publik digiring, apalagi ketika Bolt menyuruh Nick muncul di tv.
    5. Sikap dari Nick. Dia menunjukkan sikap sebagai seorang pria sejati. Dia sudah mengetahui bahwa istrinya membuat skenario, tetapp dia masih mau menerima istrinya tersebut meskipun berat.
    6. Background film, di mana aktris yang baik adalah artis yang dapat memrankan suatu peran di mana kita tidak bisa membayangkan orang lain untuk bisa memainkan peran yang sama. Kualitas akting paling baik adalah kualitas akting dari Rosamund Pike (Amy). Dari film ini dia bisa mendapat nominasi Oscar.
    7. Adegan saat Amyada di mobil setelah dia menghilang, bahwa ternyata dia sebenarnya belum meninggal, melainkan hanya menghilang dan menjebak suaminya. Sempat tertipu dengan film, mengira bahwa Amy benar-benar meninggal karena dibunuh suaminya. Tidak menyangka bahwa ternyata Amy yang merancang skenario tersebut.

 

  1. 2.     Apa arti Integritas?
    1. KBBI = kewibawaan dan kejujuran.
    2. Keutuhan pribadi,keseuaian antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan. Semuanya seimbang.
    3. Sangat erat kaitannya dengantrack record, dan pencitraan. Dalam film ini integritas dibuat-buat, tidak menunjukkan yang sebenarnya dari sosok seseorang.
    4. Pembentukkan integritas merupakan proses panjang. Sekali saja melakukan kesalahan, publik pasti sulit untuk menerima kembali. Orang di dunia sangat dipengaruhi oleh integritas. Jika sudah terkena suatu kasus, pasti diragukan integritasnya.

 

  1. 3.     Apakah ada bagian dari film yang menggambarkan integritas?
    1. Film ini sangat menggambarkan kondisi saat ini secara ekstrim. Grey area. Pencitraan ada di sana. Bolt mengajarkan cara pencitraan kepada Nick. Susah untuk melihat integritas sebagai hitam dan putih.
    2. Integritas tidak hanya kesesuaian pikiran dan hati, tetapi juga kesesuaian dengan tindakan, yang mana dalam hal ini merupakan proses yang panjang, yang bisa membentuk track record.  Dari film ada 2 hal yang bisa diambil, yaitu bisa saja apa yang dipikirkan tidak sesuai dengan apa yangdiskenariokan, di mana terlihat bahwa tidak ada integritas, karena merupakan skenario kejahatan. Yang kedua, Nick membuat pencitraan akan dirinya sendiri. Awalnya dia mmang tidak membunuh Amy, tetapi kemudian dia mengakui bahwa ia berselingkuh demi mengubah pencitraannya sendiri.
    3. Dari film, bisa dilihat bahwa integritas juga membutuhkan pengakuan dari pihak lain. Misalnya pengakuan dari media dan pengakuan dari orang-orang sekitar.
    4. Dalam film tadi tidakmenunjukkan adanya cinta sejati. Nick itu hanya ingin merasa aman saat bersama istrinya, sehingga akhirnya dia terpaksa mengikuti kemauan istrinya. Sikap Nick menjadi tidak tegas, apakah hitam atau putih.
    5. Jika berada di grey area mungkin kita merasa nyaman, tetapi pasti ada yang dikorbankan. Dalam film, sejak awal Amy dan Nick sudah masuk ke dalam grey area. Coba saja jika dari awal Nick sudah mengakui bahwa dia berselingkuh, bermalas-malasan, maka dia sudah keluar darigrey area, menuju ke hidup yang lebih baik. Memang yang terjadi di masyarakat adalah banyak orang yang masuk dalam area abu-abu, tetapi jika kita tidak menentukan hitam putih dari sekarang, maka bisa dilihat saja apa akibatnya nanti. Memang banyak grey area, tetapi bagaimana kita bisa memilih hitam putih.
    6. Memang agak susah untuk mempertahankan hitam dan putih. Seperti dalam film, awalnya Margo menekan Nick untuk memunculkan hal yang benar. Tetapi setelah Nick bertemu Bolt, Margo malah ikutmenyetting pencitraan Nick dan goyah untuk tidak mengangkat hal yang benar dan mengikuti permainan pengacara Bolt. Dalam film bisa dilihat bahwa hubungan keluarga sangat mempengaruhi integritas.
    7. Dalam film, integritas malah mengarah ke eksistensi. Setelah menikah, Amy jauh dari kehidupan yang dia inginkan, sehingga akhirnya dia membuat sensasi, di mana yang menjadi korban adalah yang berada di grey area.
    8.  Jika dibandingkan dengan kehidupan sehari-hari, banyak orang yang gampang ikut-ikutan. Bahkan orang yang dicitrakan baik pun belum tentu baik.

 

  1. 4.     Dalam film memang tidak menunjukkan keintegritasan. Bagaimana sebenarnya integritas itu jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari?
    1. Bisa kita lihat misalnya dalam keadaan sosial berbangsa. Kadang orang yang terlanjur dicitrakan baik, susah untuk dicitrakan jelek. Begitu gampang kita diseret untuk mengikuti opini orang yang punya kepentingan. Track record yang sudah terlanjur baik, membuat orang susah untuk melihat akar dari masalah, sehingga dapat langsung mencap jelek orang lain.
    2. Seharusnya integritas itu membentuk karakter. Atau lebih tepatnya ciri dari karakter.
    3. Dalam film, lebih menunjukkan hubungan dalam sebuah keluarga, bukan integritas. Intinya permasalahannya sebenarnya berasal dari ketidakharmonisan keluarga. Keluarga mencerminkan karakter orang.
    4. Memang dalam film ini ada banyak sisi. Pasti kita pun bingung mau membela Amy atau Nick. Film Gone Girl  ini dipilih karena film ini menggambarkan pencitraan. Saat Amy diinterogasi di rumah sakit, sebenarnya polisi bisa membongkar kejelekannya, tetapi petugas lain sudah terlanjur menganggap bahwa Amy orang yang baik, sehingga malah memarahi polisi yang berprasangka buruk terhadap Amy.Integritas perlu dikritisi. Bahkan seperti Jokowi, kita harus hati-hati karena bisa jadi kita juga ikut terjebak pola pikir seperti sebelum tadi. Jangan sampai kita melihat pemimpin seperti orang publik melihat Amazing Amy. Kita harus kritis dengan kebenaran dan integritas dalam arti sebenarnya.
    5. Integritas bukan bawaan, tapi dibentuk, sehingga dibudayakan. Dalam hal ini sebenarnya integritas merupakan karakter.
    6. Org yg tidak mmpunyai integritas, cenderung utkberbohong. Bisa juga dipengaruhi oleh daya fiksinya, berbohong dari hal-hal kecil. Orang yang hancur pasti benci dengan kebenaran, di mana dia membentengi boroknya agar jangan sampai ketahuan oleh orang.
    7. Budaya kita saat ini mendukung pencitraan, di mana untuk mengkritisi integritas orang yang lebih tua atau punya jabatan merupakan hal yang tabu. Mau mengkritisi juga sungkan, kita sebagai apa kok mau mengkritisi. Meski pun kita mengkritisi, padahal benar, bisa jadi malah diserang oleh orang lain yang sudah terlanjur menganggap baik.
    8. Integritas adalah karakter kunci dari seorang pemimpin. Jika dia mempunyai integritas, pasti bawahan juga pasti menurut dan mendengar padanya. Sehingga bisa jadi integritas dipengaruhi oleh kekuasaan.

 

  1. 5.     Bagaimana jika integritas ini dikaitkan dengan Ahok?
    1. Jika dilihat dalam konteks integritas saat ini, dia termasuk berintegritas. Yang menjadi keresahan adalah sudah adanya penggiringan opini publik untuk melawan integritas Ahok, dengan mengkritisi caranya bertutur kata, karena Ahok susah untuk diserang.
    2. Bangun integritas dari sekarang, agar jika menjadi orang besar nanti akan susah untuk diserang. Ada pembicara di sebuah seminar yang mengatakan bahwa seorang jenderal jatuh karirnya hanya karena masalah kecil. Maka dari itu, mulai lah bersih diri mulai dari sekarang.
    3. Kebenaran media bukan 1 banding 1. Kebenaran yg dibicarakan media itu adalah hasil konstruksi. Misalnya ketika ada kecelakaan, wartawan tidak langsung ada di situ, jadi dia mengumpulkan informasi, dan dikonstruksi di meja redaksi.
    4. Orang bukan malaikat sehingga bisa saja salah. Jika kita menganggap bahwa seseorang tidak pernah melakukan kesalahan, maka sebenarnya kitalah yang salah. Tidak bisa kita pukul rata kesalahan hakim MK dengan Ahok yg bertutur kata kasar. Kesalahan Ahok tidak sepenuhnyabisa disalahkan karena dia. Bisa jadi Ahok bertutur kasar seperti itu karena ia memang dibesarkan dalam lingkungan yang bertutur kata kasar seperti itu.
    5. Suatu saat integritas bisa saja jatuh. Jatuh bisa jadi bukan karena kehendak kita, dan memang bisa merusak integritas kita. Tetapi perbedaannya adalah bagaimana kita menanggapi kejadian itu. Mengakui akan berbeda dengan menutup-nutupi terusmenerus. Dengan mengakui kesalahan, orang akan memikirkan bahwa kita sudah mau memulai hal yang baru.
  2. 6.     Komitmen Pribadi
    1. Mau menghadapi rasa malu saat melakukan dan mengakui kesalahan.
    2. Jika melakukan kesalahan, maka harus mau meminta maaf. Karena hal ini mempengaruhi penilaian orang lain. Kita harus berjiwa besar untuk mengakui kesalahan dan bertobat, serta tidak mengulangi kesalahan. Contoh paling aktual di kuliah, tulisan diplagiat, dibilang terlalu idealis, dan lain-lain. Memang susah jika kita tidak punya kekuasaan, integritas bisa jadi luntur.
    3. Terkait dengan zona nyaman. Sering memperhatikan bahwa sebenarnya berada dalam zona nyaman terus menerus adalah tindakan yang tidak baik. Misalnya kumpul bersama teman, padahal di belakang banyak tugas yang menumpuk. Oleh karena itu, setelah ini berusaha untuk mengurangi berada di zona nyaman.
    4. Misalnya sebagai ketua KMK kita mencuri uang dan kemudian kita mengakuinya, saatmencalonkan diri menjadi walikota, mungkin kita dipilih. Tetapi semua tergantung media berpihak pada siapa. Media menggiring opini, dan bisa jadi bumerang untuk diri sendiri. Komitmennya, dalam kepanitiaan di kampus, ada pemikiran dalam kepanitiaan bahwa orang timur itu keras kepala dan susah diatur, setelah ini mau mmbuktikan integritas.
    5. Kita harus berani berintegritas, karena banyak sekali kondisi yang menantang dalam integritas itu sendiri. Jujur terkadang pahit, tetapi kita juga jangan bodoh sembarang jujur. Di pengurus KMK sendiri ada beberapa teman yang tidak punya keberanian untuk mengakui bahwa acaranya gagal, dan kemudian malah terbongkar secara tidak diinginkan. Seperti yang dikatakan Uya Kuya dalam acara reality show-nya, katakan apa yang ingin dikatakan, jangan katakan apa yang tidak ingin dikatakan.
    6. Memulai integritas dari hal kecil, seperti tidak mau menyogok saat membuat SIM. Pikirkan – ucapkan – lakukan – kebiasaan – karakter – hidup.
    7. Sebenarnya hari ada jadwal les, tetapi mengorbankan les demi diskusi. Untuk integritas tetap harus ada yang dikorbankan.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>