Pages Menu
logo keuskupan
Jl. Bengawan No 3 Surabaya. Catholic Center I Telp : 031 5678419 ext. 17 I Email : Komkep_Surabaya@yahoo.com
Persekutuan Murid-Murid Kristus Yang Dewasa Dalam Iman, Guyub, Penuh Pelayanan dan Misioner
Categories Menu

Posted by on Oct 20, 2015 in Diskusi Jumatan | 0 comments

Little Boy – Notulen Diskusi Jumatan Bengawan

Notulen Diskusi Jumatan

“Little Boy”

Surabaya, 4 September 2015

poster jumatan bengawan little boy

Peserta dibagi dalam kelompok. Tiap kelompok 4 orang. Membahas 3 pertanyaan, yaitu :

1. apa hal-hal baik yang bisa kita dapat dari film ini, khususnya spiritualitas kita, nilai-nilai kristiani yang dapat kita ambil dari film tersebut.

2. Menghubungkan kediri kita. Refleksi bagi diri sendiri, apa saja halangan/kelemahan dalam diri kita dalam berkarya. Kemudian apa yang bisa kita ubah, sehingga bisa melakukan hal sederhana dalam gereja kita.

3. dengan melihat nilai kristiani yang kita dapatkan/pelajari kemudian apa yang dapat kita lakukan untuk gereja.

 

Hasil dari diskusi

Hal konkrit apa yang dapat kita lakukan sekarang untuk gereja.

Sharing permasalahan :

1. iman, kasih dan rela berkorban. Rela berkorban misalnya rela berkorban untuk membantu sesama dengan kegiatan sosial. Misalnya donor darah.

2. banyak yang dapat kita lakukan. Gereja lebih besar daripada kelompok-kelompok yang kita punya. Tindakan konkrit bukan hanya doa saja, tapi banyak yang dapat kita lakukan. Misalnya mengunjungi orang sakit. Buat apa harapan jika tidak ada tindakan konkrit. Iman dan perbuatan selalu berkaitan.

3. iman harapan dan kasih mempengaruhi kita dalam tindaakan di gereja.

Harapannya kita dapat mengatasi kelemahan kita tapi kita dapat melakukan hal-hal kecil dengan setia.

4. tindakan real seperti kunjungan ke orang sakit lebih kelihatan kasihnya.

5. tindakan sosial kita harus ada misi. Apa yang OMK bisa lakukan dengan misi kita.

6. keistimewaan orang katolik ada kontekstual. Kontekstual adalah jika ada ajaran (teks) ajarannya itu disesuaikan dengan.

7. Manusia itu adalah alkitab berjalan. Orang yang belum mengenal Kristus mengenal Kristus bisa mengenal-Nya lewat diri kita. Setiap kita mempunyai ladang pelayanan sendiri-sendiri untuk berkarya, kita punya pekerjaannya sendiri-sendiri. Misalnya menjadi dokter katolik yang baik. Menjadi orang katolik yang berarti menjaasi orang katolik yang kontekstual yaitu menjadi katolik dengan cara kita sendiri dimana kita dapat berkarya.

8. Tidak memaksa orang lain yang bukan kristiani untuk menjadi katolik. Tuhan itu adalah kasih. Maka dengan melakukan kasih kita dapat mengenalkan Kristus kepada orang lain.

9. Ada orang katolik yang juga tidak mempunyai ladang. Kita punya PR di luar ladang kita jangan sampe kita merasa nyaman. Dan menjadi dosa apabila kita tidak bertindak melakukan sesuatu.

10. Tuhan Yesus mempunyai 3 cara dalam hidupnya : mengajar dan memberikan teladan. Membuat mukjizat merupakan keteladanan yang sangat hebat. Menegur dengan keras. Mengingatkan itu penting tapi tidak menghakimi. Mengingatkan dengan keteladanan. Berfokus dengan ladang kita sambil memberi teladan kepada yang lain.

11. kita mewartakan iman kita dengan cara kita masing-masing di ladang kita masing, tetapi tidak menghakimi orang lain, bahwa setiap orang memiliki proses, kita harus saling mengingatkan dengan cara-cara yang benar.

12. gereja itu tidak dapat memisahkan diri dari orang kecil. Gereja bukan hanya bangunannya tetapi gereja juga kesatuan kita sebagai pengikut Kristus. Tugas orang katolik adalah menjadi imam, nabi dan raja. Kita idak cukup hanya bekerja diladang kita tetapi juga peduli dengan yang lain.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>